Minggu, 19 Agustus 2012

Seperti kita ketahui, nahkoda tim Maung Bandung sudah ditentukan. Ya, Jajang Nurjaman adalah sosok lama yang sudah tidak asing lagi di tubuh Persib. Beliau dipilih atas pertimbangan matang manajemen yang mengapresiasi berbagai masukan agar Persib di musim ini memakai jasa pelatih lokal.

Lalu muncul di benak saya pertanyaan besar, apakah dengan jasa pelatih lokal tim Persib bisa kembali berprestasi? Atau apakah sama saja seperti dari musim ke musim dengan hasil yang nihil?

Sebetulnya saya sudah lama mengamati dari musim ke musim kenapa Persib selalu gagal. Setidaknya ada 1 hal yang membuat saya percaya bahwa prestasi itu tidaklah mudah diraih dengan cara yang instan, bahkan hampir tak mungkin dicapai.

Bayangkan saja tim kaya Man. City membutuhkan waktu lama agar mereka kembali merebut trofi Liga Inggris. Dan kondisi Man. City dengan Persib saya pikir hampir sama, sama-sama tim yang berlimpah dana (tentunya di liganya masing-masing), juga dipenuhi pemain-pemain bintang.

Tapi apa yang membuat Man. City musim kemarin berhasil merengkuh gelar juara? Apakah Persib bisa seperti Man. City? Saya yakin BISA. Tetapi ada 1 hal yang harus dibuang dari tim Persib, yaitu INTERVENSI!
Kenapa saya katakan intervensi? Karena saya melihat dari musim ke musim, manajemen kita selalu bersikap dan memutuskan diluar tugas dan kewajibannya. Mereka seolah-olah menyetir setiap pelatih yang menahkodai tim Persib, bayangkan saja mereka sangat mudah dalam merekrut dan memecat pemain atau pelatih yang mereka anggap “gagal”.

Padahal menurut saya, seorang pemain atau pelatih tidak bisa dinilai kualitasnya hanya dari satu dua pertandingan saja. Dan tahun ini harapan besar semua warga Jawa barat kembali muncul, dan saya kira akan terus muncul setiap tahunnya sebelum Persib bisa menuntaskan dahaga gelar ini.
Harapan besar yang harus disertai perbaikan di tubuh manajemen. Berikanlah keleluasaan kepada pelatih untuk memilih pemain sesuai keinginannya, biarkan pelatih yang bekerja dalam masalah itu. Jangan sampai ada campur tangan manajemen dalam pemilihan pemain. Insyaallah, jika masalah tersebut sudah bisa diperbaiki saya pikir tim Persib sudah pantas kembali untuk merengkuh nikmatnya menjadi kampiun Liga Indonesia.

Sudah terlalu lama Maung tertidur. Mari kita bersatu untuk kebangkitan Persib Bandung musim ini!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar